Go to Top

About Us

Universitas Suryadarma adalah Lembaga Pendidikan Tinggi yang merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara oleh TNI Angkatan Udara dengan dasar hukum Keputusan Mendikbud RI nomor : 109/D/O/1999 tanggal 24 Juni 1999.

Keinginan TNI-AU untuk mendirikan perguruan tinggi seperti Institut Angkatan Udara, sesungguhnya sudah mulai timbul sejak tahun 1970-an, namun baru terlaksana pada tahun 1987. Sebagai inti kekuatan HANKAM di wilayah Dirgantara Nasional, TNI-AU melalui Yayasan “ADI UPAYA” (YASAU) menyadari pentingnya penyiapan tenaga profesional di bidang kedirgantaraan dan penguasaan terhadap teknologi kedirgantaraan dan untuk itulah didirikan Institut Teknologi Dirgantara (ITD). Pada awalnya ITD membuka 3 jurusan yaitu Teknik Logistik Penerbangan, Teknik Aeronautika, Teknik Elektro Penerbangan. Perkembangan berikutnya melalui Surat Keputusan Mendikbud No. 0295/O/1989 tanggal 19 Mei 1989 Mendikbud RI memberi status terdaftar kepada STTD dan sekaligus merubah ITD menjadi STTD, kemudian dengan Skep Dirjen Dikti Depdikbud No. 0369/Kop/Dikti/1998 tanggal 14 Oktober 1998 merubah status Terdaftar menjadi status Diakui. Sekolah Tinggi ini merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Kedirgantaraan pertama di Indonesia.
 
Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tinggi kedirgantaraan oleh TNI Angkatan Udara melalui Lembaga Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara (STTD) memacu Yayasan “Adi Upaya” (YASAU) untuk mengembangkan lembaga pendidikannya dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas dengan nama Universitas Suryadarma (UNSURYA). Pengembangan Pendidikan Tinggi ini menjadi Universitas diaplikasikan dengan pendirian fakultas-fakultas baru yang bersifat umum (tidak berkaitan langsung dengan kedirgantaraan) seperti Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial serta Ilmu Politik.
 
Dengan demikian secara keseluruhan Universitas Suryadarma mempunyai 6 fakultas dengan 10 program studi S-1 dan 4 program studi D-3, program studi S-1 yaitu Fakultas Teknologi Kedirgantaraan dengan program studi Teknik Penerbangan, Fakultas Teknologi Industri dengan program studi Teknik Elektro dan Teknik Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dengan program studi Teknik Sipil dan Arsitektur, Fakultas Ekonomi dengan program studi Akuntansi dan Manajemen, Fakultas Hukum dengan program studi Ilmu Hukum, dan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik dengan program studi Hubungan Internasional dan Administrasi Niaga. Program studi D-3 meliputi Teknik Aeronautika, Teknik dan Manajemen Logistik Penerbangan, Teknik Elektronika Penerbangan dan Manajemen Informatika.