5 Cara Mengatur Waktu dengan Baik

Campus IPTEK

JAKARTA – Menyeimbangkan jadwal di tengah kesibukan bukan suatu hal yang mudah. Akibatnya, kita sering melupakan sesuatu yang penting. Organisasi waktu menjadi kata kunci untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dikutip dari Collegegloss, Minggu (19/4/2015), berikut beberapa tips supaya kamu tetap terorganisir di tengah jadwal yang padat.

1. Siapkan agenda

Dengan menggunakan agenda kamu bisa mencatat segala kegiatan yang akan kamu lakukan. kamu juga dapat membuat suatu perencanaan serta meng-update jadwal yang tiba-tiba berubah. Agenda bisa kamu bawa ke mana saja sehingga kamu dapat memastikan tidak ada kegiatan yang terlewat dan juga tidak tertinggal untuk waktu-waktu penting tertentu.

2. Membuat daftar

Buatlah daftar untuk aktivitas-aktivitas yang akan kamu lakukan. Tandai kegiatan yang sudah dilakukan maupun yang belum dilakukan. Kamu bisa membuat daftar di kertas, telefon genggam, ataupun laptop. Cara ini akan memudahkan kamu untuk memeriksa pekerjaan yang belum terselesaikan.

3. Gunakan aplikasi smartphone

Bagi kamu yang telah menggunakan smartphone, bukan hal yang sulit untuk menggunakan aplikasi pengingat (reminder). Dengan menggunakan aplikasi pada smartphone akan memudahkan kamu untuk melihat tanggal dan waktu untuk suatu aktivitas.

4. Gunakan label

Penggunaan label akan memudahkan kamu untuk mencari sesuatu. Cara ini efektif untuk kamu yang menyimpan banyak barang. Pisahlah folder-folder untuk masing-masing kebutuhan sehingga kamu tidak merasa stress saat mencari sesuatu.

5. Luangkan sedikit waktu

Di tengah kesibukan, bersantai dan mengambil nafas sejenak juga dibutuhkan. Luangkan waktu sejenak sebelum awal pekan supaya kamu dapat berpikir dan merencanakan apa saja yang harus dilakukan. Dengan perencanaan yang baik, kamu dapat menentukan skala prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan.

Sumber: http://news.okezone.com/