AMTUS (Aircraft Maintenance Training Unsurya)

AMTUS adalah pusat pelatihan dengan standar Civil Aviation Safety Regulation yang menyiapkan tenaga terampil siap pakai bagi mendukung industri perawatan pesawat terbang baik di dalam maupun di luar negeri. Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam AMTO (Aircraft Maintenance Training Organization) setiap sumber daya manusia yang bekerja dalam industri perawatan pesawat, diwajibkan memiliki sertifikat dari AMTO. Sertifikat yang dikeluarkan AMTUS disahkan oleh Direktorat Keselamatan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan RI. Dengan sertifikat ini memudahkan bagi lulusan pusat pelatihan ini untuk diterima di perusahaan-perusahaan perawatan pesawat terbang. Lama pelatihan ini mencapai 3000 jam pelajaran. Yang menjadi nilai tambah AMTUS adalah peserta pelatihan dapat mengonfersi nilai untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang D3 Aeronautika atau bahkan ke S1 Teknik Penerbangan di Unsurya.

Peserta AMTUS tidak terbatas hanya bagi lulusan setingkat SLTA, tetapi juga bagi mereka yang sudah bekerja selain di industri perawatan pesawat udara atau perusahaan penerbangan, melainkan juga bagi mereka yang menginginkan alih profesi ke industri perawatan pesawat terbang. Begitu juga bagi mahasiswa prodi selain teknik penerbangan dapat mengikuti pelatihan ini.

Pusat Pelatihan AMTUS didukung oleh GMFAero Asia (Garuda Indonesia Group), PT Indonesia Air Transport (IAT), Global Maintenance Facility, PT Kandiasa Dirgatama

Prospek pekerjaan:, pusat-pusat perawatan pesawat terbang di dalam maupun di luar negeri, operator penerbangan, bandara, investigator pesawat terbang, Kementerian Perhubungan., TNI/Polri dan lain-lain.

Fasilitas belajar mengajar : satu pesawat twin jet engine jenis Falcon-20, satu pesawat Casa  212-100 Aviocar twin engine turboprop dan dua pesawat latih Marchetti SF 260 warrior single engine piston full aerobatic, wind tunnel dam laboratorium lainnya  serta ruang kelas yang nyaman.