BAN-PT Sebut Kampus Masih Kesulitan Penuhi Kriteria Akreditasi

Campus

Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Tjan Bassarudin menyebut, sejumlah perguruan tinggi masih kesulitan dalam memenuhi kriteria penilaian akreditasi. Hal ini membuat kampus-kampus kesulitan meraih akreditasi A dari BAN-PT.

“Kriteria penilaian tidak berubah dan independensi asesor dijaga sekali. Tetapi memang ada beberapa kriteria yang perguruan tinggi masih lemah,” ujar Tjan dalam refleksi kinerja Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Rabu (28/12/2016).

Tjan mengungkapkan, perguruan tinggi harus berbenah diri, khususnya pada sistem internalnya. Perbaikan, ucap dia, perlu dilakukan secara sistematis.

Sedangkan Menristekdikti Mohamad Nasir menjelaskan, pihaknya terus melakukan perbaikan sistem di perguruan tinggi. Sedangkan yang penilaian sepenuhnya dilakukan oleh BAN-PT.

“Perguruan tinggi memang belum semuanya berkembang. Kami melihat beberapa item di perguruan tinggi butuh perbaikan, seperti kualitas dosen, infrastruktur dan riset,” tukasnya.

Tahun ini, terdapat 22 perguruan tinggi berhasil mendapat akreditasi A. Sedangkan total jumlah kampus yang memperoleh akreditasi A dalam kurun tiga tahun terakhir (2013-2016) adalah 48 kampus.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/12/28/65/1577775/ban-pt-sebut-kampus-masih-kesulitan-penuhi-kriteria-akreditasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.