Basarnas Sudah Temukan 98 Jenazah Korban QZ8501

Campus IPTEK

Badan SAR Nasional (Basarnas) sebelumnya mengatakan hanya akan memperpanjang operasi pencarian korban QZ8501 selama satu minggu. Namun, Basarnas kini mengubah rencananya dan akan terus melakukan operasi pencarian hingga waktu yang belum ditentukan.

Kepala Basarnas Marsekal Madya F. H. Bambang Soelistyo mengatakan bahwa dalam operasi pencarian seminggu terakhir ini Basarnas menemukan banyak korban, sehingga operasi pencarian masih akan terus dilanjutkan. “Harusnya hari ini berhenti setelah perpanjangan seminggu kemarin,” kata Soelistyo, Jumat (6/2/2015).

Saat ini Basarnas sudah menemukan 98 jenazah korban kecelakaan penerbangan Indonesia AirAsia QZ8501. Bahkan jenazah salah satu pilot juga sudah ditemukan. “Karena seminggu bisa menemukan banyak. Kemarin terakhir sebelum diperpanjang ada 70. Dalam seminggu kita bisa menemukan 28, nggak mungkin saya hentikan. Kita bisa temukan banyak dengan kapal yang sedikit, karena areanya sudah menyempit jadi supaya efisien,” ujarnya.

Seolistyo memastikan bahwa operasi pencarian masih akan terus dilanjutkan untuk menemukan lebih banyak lagi jenazah. Dia pun tidak memberikan tenggat waktu sampai kapan operasi pencarian akan dilakukan. “Masih terus, belum tahu sampai kapannya, sekarang masih evaluasi,” tuturnya.

Sumber: http://indo-aviation.com