Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Ini Caranya!

Campus

Kebingungan memilih jurusan kuliah kerap dirasakan para siswa yang berada di kelas XII SMA atau sederajat. Tak mau salah jurusan, sejak jauh-jauh hari mereka sudah rajin mencari tahu informasi program studi di setiap kampus dan menyesuaikannya dengan passion yang dimiliki.

Memilih jurusan kuliah memang tak mudah. Namun, pakar pendidikan psikologi, dr Lucia RM Rotanto, MSi, MspEd telah memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan berikut ini:

1. Kenali diri sendiri

Pertama yang harus dilakukan setiap siswa dalam memilih jurusan kuliah adalah mengenali diri sendiri. Pahami dahulu apa yang disukai. Jangan ambil jurusan kuliah yang terlalu bertentangan dengan passion. Pasalnya, hal tersebut akan mempengaruhi studimu selama berkuliah kurang lebih empat tahun. Kamu akan lebih mudah beradaptasi jika mempelajari hal yang disukai.

2. Kenali pekerjaan

Tak cukup dengan mengenali diri sendiri, siswa juga harus mengetahui berbagai lapangan pekerjaan yang tersedia di lapangan. Tujuan berkuliah adalah untuk bekal masa depan, sehingga pikirkan pula prospek pekerjaan di bidang tertentu. Jika sudah memiliki cita-cita yang jelas, hal tersebut akan semakin memudahkanmu dalam memilih jurusan kuliah.

3. Cocokkan keduanya

Jika sudah mengenali diri sendiri juga pekerjaan yang ada di lapangan, maka cocokkan keduanya. Identifikasi bidang yang kamu suka dengan pekerjaan yang ada. Jika sudah sejalan dan cocok, maka kamu tinggal menentukan jurusan tersebut ada di kampus mana. (ira)

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/04/09/65/1358507/bingung-pilih-jurusan-kuliah-ini-caranya