Enam Langkah Awal Berburu Beasiswa

Campus

JAKARTA – Kuliah dengan beasiswa merupakan impian banyak orang. Selain bebas biaya kuliah, beasiswa juga memberikan prestise tersendiri. Pasalnya, penerima beasiswa tidaklah sembarangan, melainkan harus memiliki prestasi dan kemampuan pendukung lainnya.

Saat ini tawaran beasiswa semakin banyak sehingga kesempatannya menjadi terbuka lebar. Berikut ini beberapa langkah berburu beasiswa yang bisa dilakukan.

1. Rajin Cari Informasi

Informasi beasiswa bisa didapatkan melalui internet secara mudah dengan memasukkan kata kunci yang relevan. Rajin-rajinlah mengecek laman-laman yang sering memberikan informasi beasiswa. Jangan lupa juga untuk mem-follow akun-akun media sosial mengenai beasiswa.

2. Menyeleksi Informasi

Dengan banyaknya informasi beasiswa yang didapat, lakukan seleksi beasiswa yang paling sesuai dengan kemauan dan kemampuan. Cermati persyaratan, batas waktu pendaftaran, serta nilai dan durasi beasiswa.

3. Siapkan Dokumen dan Berkas

Secara umum, beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk melamar beasiswa adalah ijazah dan transkrip, portofolio, bukti prestasi, surat rekomendasi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jangan sampai saat mau mendaftar kamu baru menyiapkannya karena itu akan membuang waktu. Persiapkan dari sekarang dengan memperbanyak dan melegalisir dokumen tersebut.

4. Penuhi Syarat Pendukung

Syarat kemampuan bahasa merupakan salah satu yang harus dipenuhi pelamar beasiswa. Segera lakukan tes TOEFL atau IELST untuk modal daftar beasiswa. Selain itu, siapkan pula surat rekomendasi, sertifikat, dan keterangan sehat atau bebas narkoba untuk nilai tambah dalam seleksi beasiswa.

5. Lihat Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi masing-masing beasiswa berbeda. Ada beasiswa yang hanya menyeleksi pelamar dari persyaratan administrasi, ada yang mengadakan tes tulis sampai wawancara. Supaya bisa menjalaninya dengan baik, lakukan persiapan dengan matang untuk setiap tahapan. Jangan sampai ada yang terlewat sehingga menutup kesempatan memperoleh beasiswa.

6. Perkuat Jaringan

Jika kamu memiliki senior yang mendapat beasiswa sama dengan diminati, tanyakan dan mintalah saran kepadanya. Hal ini tentu memudahkanmu untuk memperbesar peluang mendapatkan beasiswa. (ira)

(rfa)

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/03/28/65/1347469/enam-langkah-awal-berburu-beasiswa