Hari Guru: Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Memuliakan Guru

Campus

Hari Guru Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November selalu menjadi momentum bagi semua pihak dalam mencermati peran guru. Tahun ini untuk memperingati Hari Guru Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengangkat tema “Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Strategis Guru”.

“Guru menjadi ujung tombak di dalam melakukan perubahan mind set sikap mental bangsa kita,” ujar Mendikbud Anies Baswedan saat jumpa pers di Gedung Ki Hadjar Dewantara Kemendikbud, Jakarta, (24/11/2014).  Ia pun mengajak semua lapisan masyarakat untuk memuliakan guru dan menempatkan guru dalam posisi terhormat.

“Cara sebuah bangsa menghargai guru adalah cermin cara bangsa itu terhadap masa depan,” katanya. Karena itu, ujarnya, pemerintah bertekad akan terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dengan memuliakan guru. Ia yakin jika gerakan memuliakan guru berhasil, maka kualitas pendidikan pun akan lebih baik.

Mendikbud juga mengajak semua pihak untuk mengubah cara pandang terhadap guru. Sosok guru sebagai garda terdepan dalam pendidikan generasi bangsa sering terlupakan, karena itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga seluruh lapisan masyarakat harus bergerak bersama dalam meningkatkan kualitas hidup guru. Mendikbud pun mengajak semua pihak untuk merenungkan bentuk apresiasi kita kepada guru. “Apa yang sudah kita lakukan untuk guru kita?”, katanya.

Salah satu kegiatan dalam peringatan Hari Guru Nasional 2014 adalah upacara bendera yang akan dilakukan di halaman kantor Kemendikbud, Jakarta. Peserta upacara terdiri dari PNS Kemendikbud, guru dan pelajar. Kemudian puncak peringatan Hari Guru Nasional 2014 akan berlangsung pada Kamis, 27 November 2014 di Istora Senayan, dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/