Humas PTN dan Kopertis Sepakat Memperkuat Perannya dalam Organisasi

Campus

Pemisahan struktur Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjadi momentum sangat tepat dalam penguatan peran humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) dalam komunikasi publik pendidikan tinggi. Kesepakatan bersama ini menguat dalam Rapat Koordinasi Humas PTN dan Kopertis 2014 yang diselenggarakan Sub Bagian Layanan Informasi, Bagian Informasi dan Pelaporan, Sekretariat Ditjen Dikti (1-3 Desember 2014) di Gedung D, Lantai 18, Ditjen Dikti, Senayan.

Selama ini peran dan fungsi humas PTN dan Kopertis berbeda-beda kapasitasnya dan saling tidak terkoordinasi satu sama lain. Rencana pembentukan Pusat Komunikasi Publik, Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Puskom Publik, Kemdikti Ristek) akan menjadi tonggak penting penguatan kapasitas kelembagaan humas baik ditingkat Ditjen Dikti maupun di PTN dan Kopertis.

Kegiatan rapat koordinasi ini mendapatkan apresiasi dari pimpinan Ditjen Dikti yang diwakili oleh Sekretaris Ditjen Dikti, Patdono Suwignjo. “Saya sangat mengapresiasi hasil rapat koordinasi ini, tadinya saya pesimis, tetapi hasil rakor ini menjadi bahan pertimbangan dalam pembentukan struktur organisasi Kementerian yang baru,” ujar Patdono saat menutup kegiatan rakor tersebut.

Berikut ini rekomendasi Rapat Koordinasi Humas PTN dan Kopertis yang telah diajukan kepada Sesditjen Dikti untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pembentukan OTK Humas baik di Kementerian baru maupun di PTN dan Kopertis:

(1) Perlu upaya menguatkan fungsi kehumasan dan tata kelola komunikasi publik di lingkungan KemendiktiRistek, PTN dan Kopertis

(2) Upaya penguatan tersebut (rekomendasi no 1) perlu diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

(3) Perlu sosialisasi peraturan menteri tersebut agar dapat dilaksanakan pada Kementerian, PTN dan Kopertis.

Para peserta rapat koordinasi sangat berharap, kedepan peran dan fungsi humas dapat berjalan dalam mendukung komunikasi publik bidang Perguruan Tinggi dan Ristek.

Materi Rapat Koordinator Kehumasan PTN dan Kopertis se Indonesia dapat diunduh di tautan:

MATERI RAKOR KEHUMASAN PTN & KOPERTIS 2014

 

Sumber: http://dikti.go.id