Jangan Galau Setelah Wisuda

Campus

JAKARTA – Usai kelulusan, fresh graduate kerap dilanda kegalauan, baik itu dalam urusan mencari kerja atau sekadar pilihan hidup. Padahal, seharusnya setelah diwisuda kita merasa senang dan optimistis.

Namun kamu tidak perlu khawatir lagi, karena tips berikut ini mungkin bisa membantumu menjalani kehidupan pascawisuda bebas galau.

1. Jalin hubungan dengan para alumni

Walaupun sudah lulus, kamu harus tetap menjalin hubungan dengan para alumni. Jangan ragu untuk menghubungi alumni yang sudah sukses di bidang yang ingin kamu dalami agar mereka bisa berbagi pengalaman dan cerita denganmu.

2. Jangan berputus asa

Jika belum mendapat respons dari puluhan lamaran pekerjaan yang kamu kirim, jangan berputus asa. Optimislah bahwa kamu akan mendapatkan penawaran terbaik.

3. Pikirkan untuk melanjutkan sekolah lagi

Jika merasa sekolah ke jenjang yang lebih tinggi pilihan tepat untuk kariermu, maka sisihkanlah waktu untuk belajar dan mempersiapkan diri.

4. Magang

Jika kamu berminat magang, mungkin ini waktu yang tepat untuk bisa mewujudkannya. Sering kali program magang menjadi jalan bagi seseorang menemukan pekerjaan.

5. Mintalah tugas yang lebih menantang

Jika tugas-tugasmu dalam pekerjaan terlalu sederhana, mintalah pada atasanmu pekerjaan lainnya yang lebih menantang. Atasanmu akan terkesan dengan antusiasme yang kamu tunjukkan dan mempercayakan proyek besar padamu.

6. Kenali apa yang tidak ingin kamu kerjakan

Magang atau pekerjaan yang diterima usai lulus bisa menjadi jalan untuk mengetahui karier apa yang cocok untukmu.

7. Pelajari skill baru

Setiap perusahaan memiliki kualifikasi tertentu untuk calon mahasiswanya. Untuk itu, persiapkan diri dengan selalu mempelajari skill baru.

8. Punya daftar bacaan

Membaca tidak hanya untuk belajar, tetapi juga kesenangan. Meski begitu, informasi yang kamu dapatkan melalui bahan bacaan tersebut bisa menjadi bekal pembuka pembicaraan dalam berbagai kesempatan.

9. Berhenti memiliki obsesi

Jangan sampai obsesi mendapatkan pekerjaan justru menghancurkan persahabatan. Terus-menerus mengkhawatirkan tentang karier hanya akan membuatmu gelisah dan dijauhi teman.

10. Nikmati waktu

Berjalan-jalan, mencoba hal baru, dan bersantai. Jangan terlalu khawatir dengan apa yang akan terjadi selanjutnya pada hidupmu.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/06/23/65/1170081/jangan-galau-setelah-wisuda