Kuliah Online, Ini Tantangannya

Campus

JAKARTA – Kelihatannya asyik, ya, kuliah tapi enggak harus ketemu dosen dan datang ke kelas? Yup, begitulah kuliah online. Tetapi, metode ini memiliki tantangan tersendiri, lho!

Hal utama adalah motivasi. Mahasiswa pelaku kuliah online harus memiliki motivasi yang tinggi untuk selalu belajar, karena ketiadaan motivasi akan membuat kita tertinggal.

Sayangnya, kata Staf Ahli Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Paulina Pannen, budaya belajar mandiri di Tanah Air masih rendah.

“Keberhasilan dalam e-learning ini 30 persen. Kenapa tidak 100 persen? Karena rupanya budaya belajar secara mandiri itu masih belum ada di teman-teman mahasiswa kita. Jadi kalau tidak dijewer atau digalakin, enggak mau belajar,” tutur Paulina, di Kemristekdikti, belum lama ini.

Paulina menjelaskan, seperti halnya kuliah tatap muka, kita juga akan mendapatkan jadwal dan silabus pada kuliah online. Mahasiswa akan mengetahui kapan deadline dari setiap tugas, hingga jadwal ujian.

“Karena kurangnya kemampuan belajar mandiri, maka banyak peserta kuliah online berguguran. Awalnya banyak yang berpartisipasi, namun pada akhirnya 30 persen yang lulus,” tutur Paulina.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/08/17/65/1197551/kuliah-online-ini-tantangannya