Lima Alasan Mengapa Kuliah Masih Perlu

Campus

JAKARTA – Banyak orang tidak kuliah karena kesulitan biaya. Tetapi, faktanya, mereka yang kuliah umumnya lebih beruntung dalam pekerjaan ketimbang mereka yang tidak meneruskan studi.

Di kutip dari Forbes, Rabu (11/3/2015), inilah alasan mengapa pendidikan di perguruan tinggi masih diperlukan.

1. Kuliah tidak harus mahal

Banyak ragam perguruan tinggi yang bisa dipilih seseorang, mulai dari universitas hingga akademi komunitas. Biaya yang perlu dikeluarkan pun beragam. Selain itu, mahasiswa bisa melakukan pencarian beasiswa guna meringankan biaya kuliah.

2. Kebahagiaan mengalahkan harga

Orangtua menginginkan anak mereka memiliki pilihan karier yang mengubah kehidupannya kelak. Di kampus, mahasiswa bisa mendapatkan pendampingan dalam memilih karier. Gelar akademis juga memberikan mereka kemajuan dalam pilihan hidup di masa depan.

3. Bisa bernegosiasi

Enggak semua bantuan finansial diumumkan terbuka oleh kampus. Mahasiswa juga bisa menemui petugas bagian keuangan dan mencari program bantuan apa saja yang bisa mereka dapatkan. Sebab, sering ada program beasiswa namun tidak ada mahasiswa yang mendaftranya.

4. Magang

Bekerja paruh waktu saat kuliah mungkin tidak membantu lulusan sarjana, tapi program magang bisa. Dengan magang, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman kerja di lapangan. Mereka pun meninggalkan kampus dengan lebih banyak pemahaman tentang dunia tersebut dan pilihan karier untuk diambil.

5. Nama sekolah

Ironisnya, terkadang nama sekolah bisa lebih jauh berpengaruh pada karier usai lulus. Siswa butuh untuk bicara pada para profesional di pekerjaan yang mereka cita-citaka dan melihat kemana mereka harus pergi berkuliah.

 

Sumber: http://news.okezone.com/