Minder Jadi Penyakit yang Menghalangi Kesuksesan

Campus

JAKARTA – Siapa yang tidak ingin menjadi sukses? Semua orang pasti berharap bisa menjadi orang yang sukses termasuk mahasiswa. Namun untuk menjadi sukses ada tantangan yang harus dihadapi generasi muda.

Dewan Pakar Center of Economic and Democracy Studies (CEDeS) Indonesia, Prof Bedjo Sujanto, MPd menuturkan ada sejumlah penyakit yang biasa dialami termasuk generasi muda dalam meraih kesuksesan.

“Penyakit kita ini adalah merasa minder. Kita minder dengan negara-negara lain, minder dengan apa yang telah dimiliki oleh negara lain,” ungkapnya di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Rasa percaya diri itu harus dipupuk. Karena dengan rasa minder itu maka kita tidak bisa berkembang.

“Kadang kita merasa minder. Bergaul-gaul dengan masyarakat dari ASEAN pun merasa minder,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini Indonesia sudah memasuki pasar di Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Mau tidak mau pun kita harus siap ada di fenomena ini.

“Suka atau tidak suka. Mau tidak mau, hal ini sudah terjadi. Hal yang perlu kita tanyakan adalah pada siapkah kita menghadapi hal tersebut?” Katanya.

Bedjo menambahkan, dengan rasa minder tersebut kita tidak memiliki keberanian untuk berkata tegas. “Karena itu mari bangun diri masing-masing. Karena bangsa ini sudah mengalami kemerosotan bangsa,” tambahnya.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/11/16/65/1542814/minder-jadi-penyakit-yang-menghalangi-kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.