PKKMB Unsurya 2020 dilakaksanakan via daring, Rektor: Inovasi dalam menghadapi pandemi Covid-19

Campus Kegiatan Mahasiswa PMB

Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) 5 Oktober 2020 – Hari ini para mahasiswa baru T.A. 2020/2021 telah mulai menjalankan kuliah pertamanya via daring selepas diserahkannya daftar nama mahasiswa baru kepada masing-masing fakultas. Penyerahan daftar nama mahasiswa memang menjadi salah satu dari runtutan acara dalam pergelaran Progam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang telah dilaksanakan selama dua hari mulai Kamis 1 Oktober 2020 hingga Jumat 2 Oktober 2020 via daring dengan memanfaatkan media video conference.

Rangkaian kegiatan PKKMB dimulai dengan sambutan pembuka oleh Rektor Unsurya, Dr. Potler Gultom, S.H., M.M. kepada para mahasiswa baru peserta PKKMB Unsurya, kemudian dilanjut dengan penayangan video pesan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan; Nadiem Makarim mengenai kegiatan PKKMB yg diselenggarakan selama masa pandemi Covid 19. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan koordinasi oleh mentor dari masing-masing mahasiswa.

Dalam kegiatan PKKMB para mahasiswa baru dikenalkan dengan kehidupan kampus Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma mulai dri struktur kepemimpinan Unsurya, Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), hingga sosialisai perkuliahan online yg akan mereka jalani selama menempih pendidikan di Unsurya. Pada acara ini pula para mahasiswa baru dibekali dengan pendidikan mental dan disiplin ilmu kehidupan, disampaikan oleh para narasumber yg berkompetensi dibidangnya, mulai dari; dosen, rektorat dan jajaran, pemateri dari BNN dan Amazon Web Services, hingga perwakilan alumni. Tak kalah pentingnya, mahasiswa juga dikenalkan dengan prospek penelitian ilmiah tingkat universitas yang tidak hanya dapat meningkatkan pengetahuan diri tetapi juga memajukan Unsurya sekaligus membuka peluang bagi diri akan pendidikan lanjutan yang lebih tinggi.

Usai serangkaian kegiatan PKKMB dilaksanakan, tiba waktunya bagi Rektor untuk kembali menutup kegiatan PKKMB sekaligus mengukuhkan para mahasiswa baru sebagai mahasiswa aktif yg siap menjalani perkuliahan di lingkungan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Namun sebelum itu sebagai pemimpin Pendidikan Tinggi, Rektor Unsurya; Dr. Potler Gultom, S.H., M.M. menyampaikan materi kuliah perdana bagi para mahasiswa baru. Kuliah perdana ini lagi-lagu menekankan kepada pendidikan mental bagi mahasiswa, pasalnya di Unsurya kedisiplinan memang sangat dijunjung tinggi. Dilatar belakangi oleh berdirinya Unsurya sebagai universitas besutan TNI AU, kesiapan mental dan kedisiplinan memang sejak awal dibangun kokoh.

Sebagai puncak acara sekaligus pengukuhan, perwakilan peserta PKKMB Unsurya secara simbolis dipakaikan jas almamater Unsurya dan diberikan sertifikat atas partisipasinya mengkuti kegiatan PKKMB oleh Rektor Unsurya yang kemudian disambung dengan pembacaan Janji Mahasiswa diikuti oleh seluruh peserta PKKMB Unsurya yg berada di rumah.

SELAMAT KEPADA SELURUH MAHASISWA BARU UNIVERSITAS DIRGANTARA MARSEKAL SURYADARMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.