Seminar Nasional di UNSURYA

Campus

Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) – Sebagai bukti keseriusan kampus untuk terus mengembangkan kualitas dari hasil pembelajaran. UNSURYA dalam hal ini pada Fakultas Teknologi Industri berkerja sama dengan Indonesia Aviation School, menyelenggarakan seminar nasional yang bertema “Penyiapan Tenaga Profesional Keselamatan Penerbangan Sebagai Antisipasi Booming Pada Industri Penerbangan Indonesia Abad-21” . Dengan beberapa pembicara diantaranya: Ir. Bambang B. Sulistiyono, S.Sos (Wakil Rektor 1 – UNSURYA), Aminarno Budi Pradana, S.Pd, S.SiT, M.M. (ATM Senior Instructor – STPI) , Elfi Amir, S.SiT, S.E, M.M (Direktur Navigasi Penerbangan), Ir. Novie Riyanto R, M.SEA (Direktur Utama Perum LPPNPI).

Dalam materi yang disampaikan oleh Bapak Ir. Bambang B. Sulistiyono, beliau menyampaikan tentang “Karangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)”, yang salah satunya terkait siklus membangun SDM berbasis kompetensi, ASEAN Economic Community dimana negara-negara di dunia mempersyaratkan agar kompetensi menjadi prasyarat utama boleh tidaknya seseorang dengan profesi tertentu bekerja di lingkungan Negara terkait.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Aminarno Budi Pradana, S.Pd, S.SiT, M.M. (ATM Senior Instructor – STPI) tidak kalah pentingnya dengan pembahasan yang disampaikan pembicara pertma, dimana materi pembicara kedua ini tentang “Future of Air Traffic Management” yang intinya bagaimana mengatur lalu lintas penerbangan dan ruangan udara secara dinamis dan terpadu (terintegrasi) secara selamat, ekonomis dan efisien  melalui penyediaan fasilitas dan pelayanan yang mulus secara kolaboratif dengan pihak-pihak terkait.

Materi seminar yang dibawakan oleh Bapak Elfi Amir, S.SiT, S.E, M.M (Direktur Navigasi Penerbangan) terkait dengan Lisensi Personel Pelayanan Lalu Lintas Penerbangan, beliau menyampaikan tentang kebutuhan personel dari Sabang sampai Merauke masih amat sangat kurang, sehingga peluang untuk menjadi bagian dari ATC (Air Traffic Controll) dan AFIS (Aerodrome Flight Information Service) masih sangat terbuka, khususnya bagi lulusan ATC dan AFIS mahasiswa/i UNSURYA.

Kemudian pembicara yang terakhir yang disampaikan oleh Ir. Novie Riyanto R, M.SEA (Direktur Utama Perum LPPNPI) menyampaikan tentang AIRNAV INDONESIA, beliau menyampaikan bahwa Perum LPPNPI sangat serius dalam pelayanan navigasi penerbangan yang mengutamakan keselamatan, efisiensi penerbangan dan ramah lingkungan demi memenuhi ekspktasi pengguna jasa.

Antusias peserta yang tinggi dan dukungan penuh oleh seluruh civitas akademika UNSURYA, merupakan kunci suksesnya acara seminar ini, tidak terkecuali oleh Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika yang dipimpin oleh Ibu Ir. Peniarsih, MMSI. Dengan adanya seminar ini, diharapkan seluruh mahasiswa/i khususnya pada jurusan ATC dan AFIS, bisa menyerap ilmu yang disampaikan oleh semua pembicara.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.