Tantangan Fresh Graduate di Dunia Kerja

Campus

JAKARTA – Setelah lulus kuliah, mahasiswa akan berubah status menjadi seorang fresh graduate. Mereka akan memasuki dunia kerja, termasuk bersaing dengan fresh graduate lainnya untuk mendapatkan posisi di suatu perusahaan.

Alumnus Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya, Novitri Diah Lista Wulandari dalam sebuah pelatihan karier mengatakan, persaingan saat ini telah memasuki international community, sehingga diperlukan mental dan kemauan yang lebih besar untuk mencapai suatu tujuan.

“Mungkin jika kalian mengamati, kalian bisa mengetahui sudah berapa jumlah curriculum vitae yang masuk dalam sebuah perusahaan setiap harinya, apalagi perusahaan nasional yang namanya sudah tidak awam di kalangan fresh graduate,” ujarnya, dilansir dari laman UB, Sabtu (16/4/2016).

Wanita yang juga menjabat sebagai Head of Adira Finance Corporate itu mengungkapkan, ke depan akan ada beberapa pekerjaan yang bersaing ketat, seperti insinyur, arsitek, tenaga pariwisata, akuntan, dokter gigi, tenaga survei (bumi), praktisi medis, dan perawat. Oleh sebab itu, Novitri mengingatkan para mahasiswa yang masih kuliah mampu menganalisis seberapa banyak kompetitor yang akan mereka hadapi.

“Dunia tidak peduli dengan harga diri kalian, seberapa besar indeks prestasi kumulatif (IPK) kalian. Apabila tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, kalian akan tertinggal dan kesusahan,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Novitri, penting untuk menerapkan tanggung jawab di setiap kegiatan yang dilakukan. Menurut dia, pada 2020, kemampuan yang sangat dibutuhkan yaitu pemecahan masalah, berfikir kritis dan kreativitas. (ira)

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/04/15/65/1364037/tantangan-fresh-graduate-di-dunia-kerja