Tim SAR Temukan Badan Pesawat Indonesia AirAsia QZ8501

Campus IPTEK

Setelah berhasil mengangkat dua buah kotak hitam, Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR), tim SAR pada hari ini, Rabu, 14 Januari 2015, akhirnya bisa menemukan badan pesawat maskapai penerbangan Indonesia AirAsia QZ8501 yang mengalami kecelakaan pada 28 Desember 2014.

Badan SAR Nasional (Basarnas) mengatakan bahwa badan pesawat itu ditemukan di Selat Karimata dengan kedalaman 28 meter di bawah permukaan laut. “Pukul 15.05 WIB sudah dikonfirmasi bagian body pesawat dengan satu wing masih menempel berhasil ditemukan di area prioritas II,” kata Kepala Bsarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo dalam jumpa pers di Kantor Basarnas Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (14/1/2015).

Badan pesawat yang ditemukan oleh kapal milik Singapura, RSS Swift, itu akan diangkat pada esok hari, Kamis, 15 Januari 2015. Diduga masih banyak jenazah korban yang berada di dalam badan pesawat. Selain menamukan badan pesawat, pada hari ini tim SAR juga menemukan dua jenazah, sehingga total jenazah yang berhasil dievakuasi ada 50. “Besok pagi tim penyelam akan turun dengan sasaran mencari korban yang masih ada di sekitar dan dalam badan pesawat,” kata Soelistyo.

Foto: Tri Setyo Wijanarko/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Sumber: http://indo-aviation.com