Unggul Cari Kerja dengan Kreativitas

Campus IPTEK

JAKARTA – Kreatif enggak melulu tentang memiliki jiwa seni. Sebaliknya, kreativitas sangat luas dan menjadi penting bagi anak muda. Dalam persaingan kerja, kreativitas dapat menjadi kemampuan tersendiri yang membedakan kita dari kandidat pegawai lainnya.

Proses kreatif sendiri dapat didefinisikan dengan meluangkan waktu, menyingkirkan penilaian pribadi, mengerjakan banyak hal dan memperkuat penilaian untuk mengeluarkan hal terbaik dari apa yang sedang kamu lakukan; kemudian mengulangi proses tersebut. Umumnya, orang berhenti pada satu proses kreatif. Tetapi, seniman dan insinyur terbaik terus mengulangi tahapan tersebut.

Dikutip dari Huffington Post, Minggu (15/3/2015), berikut hal yang perlu kamu ketahui mengenai kreativitas.

1. Mempraktikkan kreativitas secara profesional

Ambil contoh ilustrator. Mereka bekerja menggambarkan berbagai hal, kemudian menghapus bagian yang salah dan menggambar lagi hingga menghasilkan karya utuh. Nah, terlepas dari kamu pernah dan jago menggambar atau enggak, jika kamu melakukan sesuatu selama 30 hingga 60 jam, maka kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari yang kamu kira.

Makanya, kamu harus mencoba sesuatu, bahkan ketika merasa belum siap. Kemudian, mengasah kreativitas tersebut sepanjang waktu dengan terus mempraktikkannya.

2. Menggali di luar keahlianmu

Sebaiknya gali dan perdalam pengetahuanmu juga di luar bidang keahlianmu. Belajarlah dari orang lain. Dengan begitu, kamu bisa memahami gambaran besar tentang apa yang terjadi di sekelilingmu dan menghasilkan karya yang lebih baik. Kreativitas juga adalah tentang kemampuan menyatukan aspek yang berbeda pada pemahaman mengenai dunia dan cara memanfaatkannya.

3. Berpikir beda

Ketika mendapat ide tentang suatu hal yang belum pernah ditekuni orang sebelumnya, jangan takut untuk terus mewujudkan ide itu. Kreativitas adalah juga tentang keberanian berpikir dengan cara berbeda dan memanfaatkannya sebagai cara meraih keuntungan profesional.

4. Perbanyak keahlian

Kreativitas terbaik adalah menggabungkan keahlian yang berbeda dan terpisah lalu menemukan cara baru untuk membuat dunia dan diri kita menjadi lebih baik. Kemampuan ini seharusnya dimiliki banyak orang sehingga memungkinkan membuka lapangan kerja baru.

Apa yang bisa kamu lakukan hari ini?

Jadilah orang yang terus ingin tahu. Langkah pertama adalah jangan segan bertanya ke orang-orang bagaimana mereka bekerja. Jawaban mereka akan membantu cara berpikir kita tentang berbagai hal dan membangkitkan kreativitas kita untuk berkarya.

(rfa)

Sumber: http://news.okezone.com/